TIPS MEMILIH ATAP

Genteng rumah adalah bagian paling atas rumah yang berfungsi melindungi rumah dari hujan dan panas matahari, atap rumah bagaikan sebuah mahkota, atap juga akan memberikan kesan terhadap sebuah rumah, baik dilihat dari sudut pandang estetika maupun dari sudut strata sosial. Karena atap akan memberikan kesan pada pandangan pertama baik mengenai konsep rumah tersebut maupun kemegahan sebuah rumah
Ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk memilih jenis penutup atap yang akan kita gunakan, tips tersebut antara lain:
  1. Sebelum memilih bahan penutup atap, langkah yang pertama harus dilakukan adalah mempelajari dan mendalami konsep bangunan yang bersangkutan. Pilih penutup atap (genteng) yang sesuai dengan konsep desain rumah kita agar mendukung fungsi estetika. Sebagai contoh : konsep bangunan bentang lebar sebaiknya memakai bahan penutup atap ringan dan kuat seperti genteng metal. Sedangkan bangunan sederhana lebih baik memakai bahan penutup atap yang sederhana seperti genteng tanah liat karena konsep ekonomisnya.
  2. Langkah selanjutnya sesudah anda memutuskan memilih material yang sesuai dengan konsep bangunan anda adalah mengumpulkan informasi tentang material tersebut (beban / m2, kemiringan, dimensi, warna, harga, dll). Seringkali dalam langkah ini kita menemukan beberapa tipe variasi material sejenis dengan berbagai keunggulan masing-masing, contoh : jenis genteng keramik di bandingkan dengan genteng tanah liat. Meskipun dari jenis ketahanan dan pilihan warna jenis genteng keramik lebih unggul, tetapi untuk nilai ekonomis dan beban/m2 jenis genteng tanah liat akan lebih ringan dan tepat diterapkan pada bangunan kecil.
  3. Tentukan sudut kemiringan 30 derajat, yang merupakan sudut kemiringan yang disarankan oleh semua spek genteng, jika memang harus kurang dari 30 derajat karena keadaan yang tidak mungkin sebaiknya pilih penutup dari metal (genteng metal) yang dapat menjamin keamanan terhadap tampias pada sudut landai.
  4. Pilih ukuran genteng yang sesuai, sebaiknya pilih genteng kecil untuk rumah yang berukuran kecil.
  5. Pilihlah genteng yang memiliki daya tutup baik untuk rumah yang berada di wilayah dengan curah hujan tinggi. jangan gunakan yang yang berdaya tutup minim, seperti halnya genteng plentong karena akan beresiko tampias.
  6. Pilihlah genteng yang memiliki pembakaran sempurna (khusus genteng tanah/keramik) dengan cara mengetuk permukaan genteng apabila suaranya berdenting menandakan genteng tersebut telah melalui pembakaran yang sempurna.
  7. Pesanlah genteng dengan tambahan 2% atau 5% dari kebutuhan untuk menghindari penggantian akibat kerusakan karena instalasi dan sisanya untuk cadangan dikemudian hari.
  8. Perhatikan pemasngan wuwungan (nok) karena kebocoran sering berawal dari daerah tersebut. disarankan untuk menggunakan flashing (lapping tile) diantara nok dan genteng dibawahnya cara ini efektif untuk mencegah rembes pada pasangan nok.
  9. Bila seluruh langkah di atas telah dilakukan, maka tahapan final adalah dengan melakukan perbandingan dan observasi material untuk nilai lebih dan kurang bagi setiap material. Cara yang paling praktis untuk hal ini adalah membeli 1 buah sampel untuk tiap jenis material yang hendak dikomparasikan, lalu mulai mengetes material tersebut dengan beban atau menempatkan pada rangka atap yang telah tersedia.
  10. Jangan lupa juga bila anda menyewa jasa kontraktor atau konsultan untuk meminta pertimbangan profesional mereka tentang komparasi material ini sehingga anda dapat terbantu dalam memilih bahan penutup atap yang tepat bagi bangunan anda.

    Selamat mencoba....
    Ayo Segera Pasang atau ganti Atap Rumah/Kantor anda dengan Baja Ringan Produk Kami (Mankar Truss) hanya dengan budget yang ringan. 
    Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 22.500/lembar (untuk genteng metal berpasir).


    Wilayah pemasangan di YOGYAKARTA, SLEMAN, BANTUL, WONOSARI, KULON PROGO, KUTOARJO, WATES, SOLO, KLATEN, SRAGEN, KEBUMEN, PURBALINGGA, BOYOLALI, SALATIGA,MAGELANG, SEMARANG, UNGARAN, TEMANGGUNG, BATANG, DEMAK, KARANGANYAR, KENDAL, KUDUS, PURWOREJO, SUKOHARJO, WONOGIRI, WONOSOBO, PACITAN, KARAWANG, BEKASI, JAKARTA BARAT, TANGERANG, DAN SEKITARNYA
    Hubungi bagian marketing kami di 085385533751, 085730746921 dan 087838858415
    Kantor Pemasaran dan aplikator Cabang Yogyakarta:

    Jln Wonosari Km 7, Wiyoro Lor RT 02 (perempatan wiyoro), Banguntapan, Bantul, DIY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar