KPR

Mengenal Kredit Kepemilikan Rumah
KPR adalah singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Ini adalah fasilitas untuk membeli rumah dengan kredit pada bank. Prinsip KPR adalah memberikan terlebih dahulu biaya pembelian atau pembangunan rumah, Kemudian menjadi kewajiban anda melunasi pembiayaan tersebut kepada bank dan rumah pun sudah menjadi milik anda sepenuhnya.
Bagaimana cara untuk mendapatkan KPR?
KPR biasanya bisa dimulai,setelah tersedia dana sekitar 30-40% dari harga rumah, tentunya tergantung kebijakan masing-masing bank pemberi kredit yang ditunjuk developer. Ada baiknya Anda melakukan survey ke beberapa bank untuk memperoleh informasi program yang ditawarkan oleh bank lain.
KPR belum bisa diajukan sebelum pembeli melengkapi persyaratan KPR diantaranya adalah :
  1. Fotokopi KTP pemohon.
  2. Foto Copy surat nikah atau cerai (bila sudah menikah atau cerai)
  3. Kartu Keluarga.
  4. Surat keterangan WNI (untuk WNI keturunan).
  5. Slip gaji terkini atau akta perusahaan atau izin profesi.
  6. Surat keterangan dari tempat bekerja/ SK Pengangkatan Pegawai
  7. Foto Copy SPT PPH 21/NPWP
  8. Foto copy rekening tabungan 3 bulan terakhir.
  • System bunga KPR
Banyak orang mengambil KPR di bank yang masih bingung dengan sistem bunga yang ditetapkan oleh bank. Seperti bunga flat, efektif, fixed dan floating. Mudah-mudahan sedikit tulisan ini bisa memberi sekedar gambaran kasar untuk anda.
Bunga flat : Sistem perhitungan suku bunga yang besarnya mengacu pada pokok hutang awal. Jadi besarnya angsuran tetap tiap periodenya sampai lunas.
Bunga Efektif : yaitu bunga yang dibayar dihitung berdasarkan pokok hutang tersisa.
Fixed : Suku bunga ini bersifat tetap selama periode tertentu atau bahkan selama masa kredit.
Floating : Suku bunga yang dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi pasar.
Sistem bunga bank juga bervariasi bisa flat dengan fixed atau floating bisa juga efektif fixed dan floating. tergantung kebijakan masing-masing bank pemberi kredit dan jenis kreditnya.
  • Biaya-biaya seputar KPR
Keputusan untuk membeli rumah secara kredit akan banyak mempengaruhi keadaan keuangan Anda dan keluarga secara jangka panjang. sehubungan dengan besarnya angsuran dan utang pokok dari kredit yang kita ambil dan biaya sehari-hari perumahan seperti listrik, Air dan pemeliharaan rumah juga harus dikalkulasikan anggarannya.
Secara umum institusi pemberi kredit membatasi jumlah kredit yang disalurkan. Biasanya sekitar 70% dari harga rumah atau properti tersebut. Misalkan saja Anda ingin membeli rumah tipe 36/72 dengan harga Rp. 169 Juta Anda harus mempersiapkan dana kurang lebih sebesar Rp. 50 Juta. Ini ancang-ancang saja, untuk memastikan KPR Anda diterima oleh bank. Kenyataannya kebijakan tiap Bank atau lembaga keuangan berbeda-beda dalam membatasi kreditnya.
Perhitungan yang harus diketahui tentang KPR
Harga rumah tidak selalu = KPR
Harga rumah – DP = KPR
Berlaku juga sebaliknya, untuk mendapatkan KPR yang kecil berarti beban angsuran pun kecil, tapi DP harus besar. Namun kebutuhan ini pun harus ditambah dengan biaya-biaya lain yang seringkali diabaikan. Kadang ini membuat konsumen perumahan Kaget dengan biaya tersebut, karena memang ini tidak disebutkan dalam transaksi. Nilainya sekitar 2-7% dari nilai kredit.
#Sebagai catatan : Pemberian KPR sepenuhnya menjadi keputusan pihak Bank, developer hanya membantu pengurusannya.
Biaya-biaya terkait KPR
1. Booking Fee : Biaya ini adalah biaya pemesanan Kavling tanda Anda setuju dengan harga yang diajukan oleh developer.
2. Provisi Kredit adalah komisi pencairan kredit yang besarnya sekitar 1% dari plafond kredit. Biasanya sama antara satu bank dengan bank lainnya.
3. Biaya Asuransi
4. Biaya Balik nama
5. Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)

Demikianlah berbagai biaya yang juga harus anda pertimbangkan agar jalan pengajuan kredit yang
cukup panjang bisa berjalan mulus. Ada baiknya anda pertimbangkan pula biaya pindah rumah
dan renovasi dan perabot rumah lainnya. Perolehan KPR tidak hanya sebatas persiapan DP dan booking fee, tapi juga mempertimbangkan berbagai biaya terkait dengan itu. Semoga posting ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mempertimbangkan pembelian rumah melalui KPR. 



Ayo Segera Pasang atau ganti Atap Rumah/Kantor anda dengan Baja Ringan Produk Kami (Mankar Truss) hanya dengan budget yang ringan.
Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 22.500/lembar (untuk genteng metal berpasir).
Kami memberikan special price untuk pembelian dan pemasangan produk secara paket (rangka atap baja ringan + genteng metal + plafon gypsum).
Wilayah pemasangan di YOGYAKARTA, SLEMAN, BANTUL, WONOSARI, KULON PROGO, KUTOARJO, WATES, SOLO, KLATEN, SRAGEN, KEBUMEN, PURBALINGGA, BOYOLALI, SALATIGA,MAGELANG, SEMARANG, UNGARAN, TEMANGGUNG, BATANG, DEMAK, KARANGANYAR, KENDAL, KUDUS, PURWOREJO, SUKOHARJO, WONOGIRI, WONOSOBO, PACITAN, KARAWANG, BEKASI, JAKARTA BARAT, TANGERANG, DAN SEKITARNYA
Hubungi bagian marketing kami di 085385533751, 085730746921 dan 087838858415
Kantor Pemasaran dan aplikator Cabang Yogyakarta: Jln Wonosari Km 7, Wiyoro Lor RT 02 (perempatan wiyoro), Banguntapan, Bantul, DIY.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar