Memilih Kompor Gas dan Cara Merawat



     Di pasar kini telah banyak beredar merek dan seri kompor gas di pasaran. Tapi ingat, ketika akan membeli kompor, rencanakanlah dimana kompor akan diletakkan. Ukur ruang yang akan tersedia sehingga ukuran kompor yang dibeli tidak akan melebihi ruang yang bakal ditempati.
Sebab terkadang, beberapa kompor gas memiliki tungku yang relatif dekat. Akibatnya, ketika menggunakan wajan pada kedua tungku saling bersinggungan sehingga menghambat aktivitas memasak. Kemudian kompor gas yang baik hendaknya memiliki katup otomatis yang dapat langsung menutup saluran gas jika terdeteksi adanya kebocoran. Fitur ini mencegah terjadinya kebakaran karena kebocoran gas yang tidak terdeteksi. Ketika kebocoran gas terdeteksi, kompor yang sedang menyala pun akan mati secara otomatis. Kemudian pilihlah kompor dan tungku yang dibuat dengan bahan anti karat seperti stainless steel, enamel, maupun teflon.

     Setelah memilih kompor gas yang baik, perawatan kompor juga penting dilakukan agar setiap fitur kompor dapat berfungsi dengan baik. Sebab, kompor yang tidak segera dibersihkan setelah digunakan akan menyisakan noda-noda minyak pada kompor. Apabila kompor kembali digunakan tanpa dibersihkan dulu, noda-noda tersebut akan melekat dan mengeras sehingga membentuk kerak. Ketika hal tersebut terus menerus terjadi, kerak akan membara dan kompor menjadi rapuh serta mudah berlubang.
     Pastikan selang pada kompor terhubung dengan mulus ke gas tanpa ada bagian yang terlipat. Untuk mencapai kondisi ini, dapat memutar gas sehingga memperoleh posisi yang tepat. Perhatikan pula keadaan karet selang gas, apakah sudah retak atau belum. Karet pada selang gas berfungsi sebagai isolator luar yang menvegah bahaya ketika terjadi kebocoran gas melalui selang. Jika karet selang diganti dengan selang baru untuk menghindari bahaya kebakaran akibat kebocoran gas.

     Perlu diketahui bahwa tekanan tabung gas untuk kompor gas adalah 375 joule. Oleh karena itu, unutk keamanan, gunakan selang dengan spesifikasi yang sama atau diatas 375 joule. Spesifikasi ini dapat dilihat pada kepala selang yang biasanya terpasang pada gas. Selang yang memiliki spesifikasi dibawah tekanan standar membuat gas tetap mengalir ke kompor meskipun kompor sedang dalam keadaan mati. Hal ini berpotensi menimbulkan kebocoran yang tidak terdeteksi ataupun ledakan gas.
     Alasi gas dengan papan agar tidak mengendap karena hawa dingin dari lantai. Gas yang mengendap membuat gas terkesan cepat habis. Padahal bisa jadi gas masih ada, tetapi mengendap di dasar tabung dan tidak dapat mengalir keluar.

MANKAR TRUSS
Adalah pusat produk baja ringan anti karat yang terbuat dari b
ahan yang ramah lingkungan.
MANKAR TRUSS nyaris tidak mempunyai nilai susut atau muai.
Kami memberikan jaminan garansi selama 10 tahun.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk-produk kami dapat menghubungi kami di nomor telepon berikut:

085385533751 - 085730746921 - 087838858415

Tidak ada komentar:

Posting Komentar