Asal Mula Penyebutan Baja Ringan

"MANKAR TRUSS" Rangka Atap Baja Ringan, harga Rp 110.000/m2 (gratis biaya pemasangan), ketebalan 0,75 mm, dan bisa dipasang segala macam genteng *





Baja ringan, istilah yang semakin semakin dikenal utamanya di Indonesia, mengapa istilah ini muncul? saya belum mengetahui asal mula munculnya istilah ini.
Namun sebagai gambaran, baja struktural yang pertama populer adalah baja konvesional "hot rolled steel" atau baja canai panas. Baja yang dipakai umumnya sangat berat dengan ketebalan rata-rata di atas 5mm.  Kemudian baja ringan muncul dengan bobot yang ringan namun mampu digunakan sebagai komponen struktur, sehingga mungkin munculnya istilah "baja ringan" karena hal ini... tolong dikomentari jika keliru.
Istilah baja ringan secara internasional lebih dikenal dengan sebutan Light Gauge Steel atau terjemahan bebasnya adalah baja dengan ketebalan kecil (gauge diistilahkan sebagai ketebalan), atau ada juga istilah cold formed steel atau cold rolled steel atau baja dengan pembentukan atau pengerolan dingin. Sejatinya memang baja ringan dibentuk dalam kondisi dingin. 
Memang secara umum metode pembentukan baja dapat dibagi menjadi dua seperti di bawah ini.

Metode pembentukan baja
1. Hot Rolled Steel 
Hot Rolled Steel, atau dikenal di Indonesia sebagai baja canai panas, adalah metode pembentukan produk baja dalam keadaan panas. Bongkahan baja yang lurus dipanaskan hingga suhu pembentukan, kemudian dimajukan kepada serangkaian roll hingga terbentuk profil baja. Sebagai contohnya adalah profil IWF, H-Beam, Siku, dst.
Hot Rolled Steel

2. Cold Formed Steel/ Cold Rolled Steel

Metode pembentukan baja ini dilakukan secara 'dingin', atau pada suhu ruang biasa. Dengan metode pembentukan ini, ketebalan bajanya tidak bisa besar, cukup yang tipis sehingga bisa memenuhi bentuk yang diinginkan. Dengan penggunaan baja yang tipis ini mungkin dirasakan lebih ringan daripada baja tebal.  

Istilah cold rolled juga sangat terlalu spesifik karena metode pembentukan baja ringan ada berbagai cara, untuk lebih lengkapnya dapat dibaca pada link metode pembentukan bajaringan
Gambar cold formed steel 
(Gambar diambil dari SteelConstruction.info-SteelConstruction Products)
Ayo Segera Pasang atau ganti Atap Rumah/Kantor anda dengan Baja Ringan Produk Kami (Mankar Truss) hanya dengan budget yang ringan.
Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 33.000/lembar (untuk genteng metal berpasir).

Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 33.000/lembar (untuk genteng metal berpasir).
Kami memberikan special price untuk pembelian dan pemasangan produk secara paket (rangka atap baja ringan + genteng metal + plafon gypsum).
Wilayah pemasangan di YOGYAKARTA, SLEMAN, BANTUL, WONOSARI, KULON PROGO, KUTOARJO, WATES, SOLO, KLATEN, SRAGEN, KEBUMEN, PURBALINGGA, BOYOLALI, SALATIGA,MAGELANG, SEMARANG, UNGARAN, TEMANGGUNG, BATANG, DEMAK, KARANGANYAR, KENDAL, KUDUS, PURWOREJO, SUKOHARJO, WONOGIRI, WONOSOBO, KARAWANG, BEKASI, JAKARTA BARAT, TANGERANG, DAN SEKITARNYA
Hubungi bagian marketing kami di 085385533751, 085730746921 dan 087838858415
Kantor Pemasaran dan aplikator Cabang Yogyakarta:Jln Wonosari Km 7, Wiyoro Lor RT 02 (perempatan wiyoro), Banguntapan, Bantul, DIY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar