Cara Membuat Kompos Di Rumah



     Ada cara membuat kompos dari sampah rumah tangga. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat muda didapatkan atau bahkan sudah ada dikebanyakan rumah tangga. Cara pembuatan kompos secara garis besar ada dua cara yaitu aerob dan anaerob.
     Cara aerob disebut juga cara pengomposan sederhana karena tidak memerlukan bahan aktivator sehingga cukup menggunakan bahan-bahan organik melalui proses alami. Misalnya memanfaatkan sayuran sisa dari dapur dan dedaunan kering di kebun untuk membuat kompos di rumah. Cara pembuatannya pupuk kompos secara aerob sangatlah muda dan murah. Salah satu kunci utama keberhasilan pembuatan kompos terletak pada bahan-bahannya. Seperti sampah organik berwarna cokelat dan hijau sangat dianjurkan.
     Bahan berwarna hijau mencakup sisa sayuran dan buah dari dapur, potongan rumput dan dedaunan hijau dari kebun. Bahan berwarna coklat mencakup dedaunan kering, ranting kecil, sekam, dan sebagainya.
     Bahan-bahan yang perlu dihindari yaitu bahan makanan yang terkontaminasi minyak dan santan, produk yang terbuat dari susu, bahan hewani seperti tulang, sisa ikan, ayam, dan daging, kulit keras seperti kulit kacang, salak, dan durian serta abu rokok dan arang.
     Cara membuat pupuk kompos, pertama yaitu cari wadah yang cukup besar untuk proses pengomposan. Jika ada, pilih wadah yang memiliki tutup, atau bisa juga memakai terpal untuk menutup wadah agar terlindung dari air hujan. Lubangi bagian dasar wadah yang akan digunakan untuk proses pengomposan. Lubang-lubang ini berguna sebagai ventilasi udara dan menyalurkan kelebihan air.
     Cara membuat pupuk kompos dari daun kering diawali dengan pencampuran 3 bahan dengan perbandingan 1:1:1. Ketiga bahan tersebut terdiri atas samapah organik hijau, sampah organik cokelat, dan kompos yang sudag jadi. Masukan campuran ketiga bahan tersebut ke dalam wadah pengomposan.
     Siram dengan air hingga kelembapan mencapai sekitar 30 persen. Tutup wadah secara rapat namun tidak perlu sampai kedap udara. Tambahkan ketiga jenis sampak organik tersebut dari waktu ke waktu dengan komposisi seimbang seperti langkah diatas. Tambahkan air jika perlu untuk menjaga kelembapan.
     Jika kompos akan digunakan sebagai media tanam, tambahkan tanah di setiap lapisannya. Proses pengomposan memakan waktu sekitar 2 bulan. Kompos akan siap ketika warnanyha berubah kehitaman dan mudah terurai. Ayak kompos jika perlu agar hasilnya lebih halus.

MANKAR TRUSS
Adalah pusat produk baja ringan anti karat yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.
MANKAR TRUSS nyaris tidak mempunyai nilai susut atau muai.
Kami memberikan jaminan garansi selama 10 tahun.
Spesialis dan Pusat Kebutuhan Material Atap Rumah Anda
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk-produk kami dapat menghubungi kami di nomor telepon berikut:
085385533751 - 085730746921 - 087838858415
atau
datang langsung ke alamat toko kami di
Mankar Truss and Roof
Jalan Wonosari KM 7 Wiyoro Lor Baturetno
Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar