Memilih Cooker Hood Dapur



     Dapur sebagai tempat untuk memasak makanan sering menghasilkan asap-asap kotor yang membuat tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, banyak dapur yang menggunakan cooker hood.
     Cooker hood pada dasarnya adalah sebuat alat yang berguna untuk mengganti udara hasil masakan dengan udara bersih sehingga dapur terbebas dari udara yang tidak sehat. Untuk menentukan cooker hood mana yang cocok digunakan, ada baiknya mengetahui pilihan yang ada dan apa perbedaan masing-masing jenis cooker hood ini.
     Seperti model cooker hood slimeline yang merupakan bentuk model paling sederhana, berukuran kecil, tipis, pipih, dan biasa diletakkan dipinggir ruangan dekat dengan dinding. Tipe jenis ini tidak memiliki cerobong. Untuk model chimeney bentuknya mirip dengan model slimeline, tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Model ini memiliki cerobong yang biasanya diletakkan ditepi ruangan. Terakhir adalah model island atau pulau karena cooker hood jenis ini diletakkan di tengah-tengah ruangan dan terdapat pipa yang dapat mengeluarkan udara kotor.
     Cooker hood memiliki dua cara kerja dalam menghasilkan udara yang bersih. Pertama dengan cara resirkulasi, yaitu udara kotor, uap, dan minyak hasil masakan dihisap kemudian diproses sehingga dihasilkan udara yang bersih. Udara ini kemudian dialirkan lagi kedalam ruangan. Cara kedua memakai sistem evakuasi yaitu udara yang kotor dihisap kemudian dikeluarkan melalui pipa. Udara yang kotor dibuang keluar ruangan melalui pipa, sehingga ruangan bersih dari udara kotor.
     Setelah menentukan model dan cara kerja dari cooker hood, kini tinggal memilih besarnya kekuatan hisapan udara kotor dari alat ini. Daya hisap dari cooker hood dihitung dari kemampuannya menghisap per m3 setiap jamnya. Daya hisap cooker hood yang umumnya dijual mempunyai alternatif pilihan daya hisap yaitu < 500 m3/jam, 500 m3/jam sampai 800 m3/jam, dan > 800 m3/jam.
     Besarnya hisapan yang diperlukan bergantung pada beberapa faktor, yang pertama adalah volume ruangan dapur. Semakin besar ruangan atau semakin besar volume ruangan, berarti diperlukan cooker hood yang besar hisapannya lebih besar.
      Faktor lain yang mempengaruhi berapa besar hisapan yang diperlukan adalah kegiatan memasak yang dilakukan di dapur. Apakah kegiatan memasak sering dilakukan dan merupakan memasak makanan yang cukup lama.
     Jika sering membuat masakan yang membutuhkan waktu lama misalnya membuat rendang atau sayur asam, akan membutuhkan daya hisap yang besar dibandingkan jika hanya sering memasak makanan instan. Tetapi, perlu diingat juga bahwa semakin besar daya hisapnya, listrik yang diperlukan juga semakin besar.

     Agar dapat berfungsi dengan baik atau agar mendapatkan hasil yang maksimal, cooker hood perlu mendapatkan perawatan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kebersihan filter pada cooker hood yang perlu dijaga. Pembersihan secara berkala harus dilakukan agar tidak mengganggu daya hisap dari alat ini.

MANKAR TRUSS
Adalah pusat produk baja ringan anti karat yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.
MANKAR TRUSS nyaris tidak mempunyai nilai susut atau muai.
Kami memberikan jaminan garansi selama 10 tahun.
Spesialis dan Pusat Kebutuhan Material Atap Rumah Anda
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk-produk kami dapat menghubungi kami di nomor telepon berikut:
085385533751 - 085730746921 - 087838858415
atau datang langsung ke alamat toko kami di
Mankar Truss and Roof
Jalan Wonosari KM 7 Wiyoro Lor Baturetno
Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar