Membangun Rumah Minimalis Type 36

Membangun Rumah Minimalis Type 36

Makin melonjaknya harga tanah, terutama untuk wilayah perkotaan, menjadikan rumah barang yang semakin mahal. Terutama untuk pasangan muda yang ingin segera memiliki rumah, harus pandai-pandai mengatur perencanaan dalam membangun rumah. Salah satu pilihan yang sedang tren saat ini adalah rumah model minimalis type 36. Rumah minimalis type 36 ini tergolong tipe rumah mungil, maka harus pintar-pintar kita dalam menata interior di dalam rumah agar memberi kesan luas dan tidak sempit dalam rumah. Berikut ini tips sederhana dalam membangun rumah minimalis type 36 ini.

  • Pelajari Tanah Anda
Setelah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah, maka anda berhak untuk membangun rumah di atasnya. Tapi dalam membangun rumah, anda harus mematuhi peraturan pemerintah tentang membangun rumah.
Contoh peraturan tersebut adalah garis batas maksimum bangunan dari dinding terluar sampai ke batas tanah. Jangan sampai dinding terlalu mepet ke jalan.
Perhatikan pula apabila ada kemiringan tanah. Hal ini untuk menentukan arah aliran air agar sistem pembuangannya tidak kacau nantinya. Cari tahu juga arah mata angin atau lintasan matahari dengan tujuan untuk letak buka-bukaan seperti jendela, pintu, dan ventilasi lain.

  • Denah Ruangan
Untuk membangun rumah yang minimalis, denah ruangan harus dibuat dengan cermat. Kalau tidak mampu, anda bisa meminta bantuan jasa arsitek untuk membuat denah.
Atau kalau mau belajar, anda bisa mendapatkan brosur-brosur perumahan yang menjual rumah jadi. Desain dari rumah tersebut biasanya sudah baik dan memenuhi syarat rumah sehat dan nyaman.
Buatlah daftar ruangan apa saja yang dibutuhkan. Mulailah dengan yang utama terlebih dahulu, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, dan seterusnya. Setelah itu hitunglah luas ruangan-ruangan tersebut.
Hitunglah luas meter persegi setiap perabot yang akan mengisi ruangan itu. Tambahkan 20-30% untuk sirkulasi dan 60% untuk ruang gerak anda.
Karena rumah anda termasuk rumah minimalis, seharusnya mengutamakan ruangan apa saja yang bisa mendapatkan sinar matahari dan pertukaran hawa. Tempatkan ruangan tadi pada bagian yang berhubungan dengan pertukaran udara.
Upaya selanjutnya adalah menentukan lokasi ruangan yang basah, seperti dapur, kamar mandi, tempat mencuci, dan sejenisnya. Usahakan rancang secara berdekatan atau berada dalam satu jalur untuk memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Upayakan buangan air kotor ke septic tank lurus tanpa berbelok.
Untuk mendapatkan susunan yang pas, terkadang anda harus memindahkan, mencoret, mengurangi, atau menambahkan bagian-bagian tertentu hingga akhirnya denah rumah minimalis anda terlihat ideal.

  • Sirkulasi Udara dan Pencahayaan
Mencakup jalur sirkulasi udara, ventilasi (cross ventilation apabila memungkinkan) serta jalur ventilasi untuk menyinaran natural (natural light), penggunaan warna, dan penempatan titik lampu. Kelancaran aliran udara yang keluar masuk dan ketersediaan sinar matahari di siang hari jelas akan menghemat bahkan meniadakan pemakaian listrik alat pengondisian udara (air conditioner), kipas angin, dan lampu penerangan, terutama di siang hari. Namun hal ini juga harus didukung terciptanya keteduhan oleh pepohonan dan kesejukan taman dan kolam yang asri.

  • Interior dan Tata Ruang
Mencakup penataan furniture, desain furniture, dan penggunaan warnanya. Pemilihan cat dinding dengan warna cerah kombinasi kuning gading muda, hijau tosca, atau warna-warna pastel dapat menghadirkan suasana hangat, ceria tapi nyaman di mata dan hati. Pemasangan lukisan atau foto-foto bertema lingkungan atau pemandangan alam hasil karya sendiri atau anak-anak, dapat memperkaya kesan alami dalam ruangan dan kenangan tersendiri.

  • Taman rumah
Sesempit apapun tanah yang dimiliki untuk membangun rumah minimalis, usahakan agar rumah tetap memiliki taman sebagai penyaring udara kotor dan debu yang masuk ke dalam rumah dan sebagai penambah oksigen, dan taman pada rumah minimalis type 36 ini bisa menambah kesah asri dan hijau. Pemilihan tanaman yang menghasilkan (produktif) seperti penanaman pohon buah- buahan, tanaman sayuran, dan apotek hidup dalam pot-pot tanaman yang tersebar di luar dan dalam rumah akan lebih bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Tanah taman bisa ditutup dengan rumput. Namun apabila malas merawatnya, tanah bisa diberi kerikil-kerikil sampai merata agar tetap bisa menyerap air. Terciptanya suasana tersebut akan menstimulasi timbulnya inspirasi dan motivasi seluruh anggota keluarga untuk giat beraktivitas, bekerja maupun berkarya.

Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh desain denah rumah minimalis type 36 yang dapat anda gunakan untuk membangun rumah minimalis impian anda. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang sedang merencanakan membangun rumah, dan selamat mencoba...


Ayo Segera Pasang atau ganti Atap Rumah/Kantor anda dengan Baja Ringan Produk Kami (Mankar Truss) hanya dengan budget yang ringan.
Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 22.500/lembar (untuk genteng metal berpasir).
Kami memberikan special price untuk pembelian dan pemasangan produk secara paket (rangka atap baja ringan + genteng metal + plafon gypsum).
Wilayah pemasangan di YOGYAKARTA, SLEMAN, BANTUL, WONOSARI, KULON PROGO, KUTOARJO, WATES, SOLO, KLATEN, SRAGEN, KEBUMEN, PURBALINGGA, BOYOLALI, SALATIGA,MAGELANG, SEMARANG, UNGARAN, TEMANGGUNG, BATANG, DEMAK, KARANGANYAR, KENDAL, KUDUS, PURWOREJO, SUKOHARJO, WONOGIRI, WONOSOBO, PACITAN, KARAWANG, BEKASI, JAKARTA BARAT, TANGERANG, DAN SEKITARNYA
Hubungi bagian marketing kami di 085385533751, 085730746921 dan 087838858415
Kantor Pemasaran dan aplikator Cabang Yogyakarta:Jln Wonosari Km 7, Wiyoro Lor RT 02 (perempatan wiyoro), Banguntapan, Bantul, DIY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar