Batako VS Bata Merah VS Beton Ringan


 Batako VS Bata Merah VS Beton Ringan

Kini ada beragam pilihan material dinding rumah beton. Mulai dari bata merah, batako hingga bata beton ringan. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Selain perbedaan pada kualitas dan ukuran, juga antara batako, bata merah dan bata beton ringan berbeda dalam hal kenyamanan ditempati serta biaya pembangunan.
Sebelum Anda membangun sebuah bangunan, utamanya rumah tinggal, ada baiknya jika Anda mengetahui masing-masing kelebihan dan kekurangan dari batako, bata merah dan bata beton ringan. Agar nantinya tidak terjadi penyesalan. Karena material dinding ini apabila sudah terpasang dan permanen, tidak ada jalan lain untuk menggantinya selain dari membongkar bangunan dan merusaknya.
Batako


Bata Merah

Beton Ringan


Terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak padat atau dipress. Atau dari campura semen, pasir dan batu bara.
Terbuat dari tanah yang dicetak kemudian dibakar dengan suhu tinggi sehingga menjadi benar-benar kering, mengeras dan berwarna kemerah-merahan..
Terbuat dari pasir kwarsa, semen, kapur, sedikit gypsum, air, dan alumunium pasta sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi). Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam.
Kekuatannya rendah, sehingga cenderung terjadi keretakan dinding terutama jika bagian kosongnya tidak diisi dengan adukan spesi
Lebih kuat, kokoh serta tahan lama, sehingga jarang sekali terjadi keretakan dinding yang dibangun dari material bata merah.
Proses pembuatan yang demikian membuat bata beton ini lebih presisi, akurat, dan kuat plus ringan. Dengan demikian beban struktur juga lebih ringan. Kelebihan lainnya adalah bata beton ringan ini lebih ramah lingkungan. Material yang digunakan untuk pembuatan bata beton ringan ini tidak dapat dijadikan tempat tinggal bagi kutu atau serangga dan hewan sejenis lainnya. Sehingga lebih aman untuk hunian keluarga.
Pemakaian material batako untuk dinding juga membuat bangunan lebih hangat bahkan cenderung pengap dan panas
Tanah yang digunakan untuk membuat bata bukanlah sembarang tanah, tapi tanah yang agak liat sehingga bisa menyatu saat proses pencetakan. Karena itulah, rumah yang dindingnya dibangun dari material bata merah akan terasa lebih nyaman dan adem.
Apabila dinding menggunaka material bata jenis ini akan lebih terasa adem, bahkan lebih nyaman dibandingkan dengan bata merah.
Ukuran batako umumnya tebal 8 – 10 cm, panjang 36 – 40 cm dengan ketinggian 18 – 20.
Dengan ukuran yang hanya berkisar antara tebal 3 cm – 5 cm, lebar 7 cm – 11 cm dan panjang 17 cm – 22 cm
Ukuran beton ringan : 20 x 60 x 10 cm atau tebalnya dapat lebih kecil sedikit
Dengan ukuran seperti ini batako memiliki kelebihan lebih cepat dalam pemasangan, lebih irit material semen dan pasir sebagai perekat/nat dan lebih hemat dalam upah (effesien)
Pemakaian semen dan pasir untuk spesi pada sambungan bata merah lebih banyak, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih tinggi. Ukuran itu juga membuat pemasangan bata merah lebih lambat, yang berakibat pada upah pekerja menjadi bertambah.
Bobot yang ringan dan kuat menjadikan bata jenis ini mudah digergaji, dibor, dibentuk dan dikerjakan hanya dengan menggunakan peralatan kayu biasa.
Harga batako per-meter persegi paling murah dibandingkan bata merah dan beton ringan
Harga batu bata dan materialnya kalau dihitung permeter persegi juga lebih mahal daripada batako.
Kekurangan bata beton ringan ini mungkin terletak pada harga satuannya yang relatif lebih mahal.

Ketiga bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tinggal bagaimana anda memilih dengan bijaksana sesuai dengan kebutuhan.

Ayo Segera Pasang atau ganti Atap Rumah/Kantor anda dengan Baja Ringan Produk Kami (Mankar Truss) hanya dengan budget yang ringan.
Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 22.500/lembar (untuk genteng metal berpasir).
Kami memberikan special price untuk pembelian dan pemasangan produk secara paket (rangka atap baja ringan + genteng metal + plafon gypsum).
Wilayah pemasangan di YOGYAKARTA, SLEMAN, BANTUL, WONOSARI, KULON PROGO, KUTOARJO, WATES, SOLO, KLATEN, SRAGEN, KEBUMEN, PURBALINGGA, BOYOLALI, SALATIGA,MAGELANG, SEMARANG, UNGARAN, TEMANGGUNG, BATANG, DEMAK, KARANGANYAR, KENDAL, KUDUS, PURWOREJO, SUKOHARJO, WONOGIRI, WONOSOBO, KARAWANG, BEKASI, JAKARTA BARAT, TANGERANG, DAN SEKITARNYA
Hubungi bagian marketing kami di 085385533751, 085730746921 dan 087838858415
Kantor Pemasaran dan aplikator Cabang Yogyakarta: Jln Wonosari Km 7, Wiyoro Lor RT 02 (perempatan wiyoro), Banguntapan, Bantul, DIY

1 komentar: