Waspada Rangka Atap Baja Ringan Ambruk


Pernahkah anda membaca berita tentang runtuhnya rangka atap baja ringan disejumlah tempat?
Sebelum ada baja ringan, rangka atap yang ada di Indnesia terbuat dari kayu, namun sifat material kayu yang mudah dimakan rayap, kadar air susut tinggi, berat, dan malah membuat kayu saat ini sudah tidak lagi digemari oleh para kontraktor ataupun pemilik bangunan. Namun ada sebuah kelebihan dari struktur kayu yaitu apabila akan terjadi keruntuhan atap, biasanya akan terjadi tanda-tanda peringatan seperti lapuk, melendut, bocor, dan lain sebagainya sebelum terjadi keruntuhan.
Berbeda dengan rangka atap baja ringan yang mempunyai kekuatan baja tinggi namun tidak mempunyai kekakuan karena bahan yang digunakan merupakan bahan plat tipis sehingga apabila terjadi kerusakan sangat fatal akibatnya.
Bahan baja ringan terbuat dari bahan plat tipis yang di galvanis atau zinc alume, bahan tersebut umumnya digunakan untuk penutup atap pabrik. Seng gelombang dll.
Coba kita perhatikan apakah bahan tersebut tidak pernah berkarat??
Apabila plat pada baja ringan berkarat maka akan terjadi keruntuhan, dan dengan adanya jaminan garansi lama, maka konsumen merasa aman dan jarang mengontrol keadaan korosi pada baja ringan, sehingga keruntuhan bisa terjadi tanpa ada peringatan.
Kita beruntung karena baja ringan berada dibawah genteng yang tidak terkena air secara langsung. Untuk memperoleh umur yang panjang, baja ringan harus diproteksi dari korosi dengan cara memberi lapisan plat baja dengan coating minimum galvanis tebal as 200 gr/m2 atau zinc alume tebal 100 gr/m2.
Tebal plat baja ringan bervariatif, namun semakin tipis bahan plat yang digunakan akan semakin rawan struktur rangka atap rumah anda, belum lagi ditambah dengan kesalahan pada pemasangan.
Saat ini keruntuhan umumnya karena disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangan. Tetapi menurut prediksi pihak pabrikan pembuat bahan zincalume atau galvanis aka nada keruntuhan secara tiba-tiba yang disebabkan oleh factor korosi.
Software dan pendesaian struktur sangat penting untuk menentukan kualitas dan jumlah bahan yang digunakan, serta mempermudah pengontrolan pada saat proses pemasangan. Bagaimana sebuah aplikator bisa menjual murah dan terarah apabila desain struktur tidak ada. Akibatnya banyak aplikator yang tidak mempunyai software khusus dalam mendesain dan menentukan jumlah barang melakukan pengiritan besar-besaran untuk menghindari kerugian. Hal ini memicu terjadinya keruntuhan tiba-tiba setelah selesai pemasangan genteng. Hal ini yang saat ini banyak terjadi di Indonesia.
Saat ini baja ringan sebagai alternatif baru material rangka atap akhir-akhir ini makin populer bahkan saat ini banyak sekali jumlah merk rangka atap baja ringan di Indonesia. Di satu sisi, banyaknya merk tersebut juga mengakibatkan terjadinya perang harga yang bisa merugian konsumen karena sudah banyak penjual rangka atap baja ringan yang menurunkan standar kualitas coating dan menggunakan bahan yang tipis agar harga jual terkesan murah dan bisa bersaing dengan fabrikator. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat membantu anda ketika anda akan memasang rangka atap baja ringan : 
  1.   Periksalah material baja ringan sebelum dipasang untuk memastikan ukuran semua bahan sesuai dengan pesanan 
  2.   Jangan tergiur dengan harga murah, namun dengan ketebalan material yang lebih tipis (untuk bangunan rumah ataupun kantor sebaiknya menggunakan material dengan ketebalan 0,75 mm) 
  3.  Pastikan aplikator telah melakukan analisa dengan software khusus untuk pemasangan rangka atap baja ringan, misalnya dengan software D&E V 16.09 yang mampu memperhitungkan kekuatan kuda-kuda atap secara detail. 
  4.  Lakukan opname jumlah material yang telah dipasang bersama dengan aplikator dan mintalah sertifikat garansi setelah pemasangan selesai dikerjakan.
Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat

Ayo Segera Pasang atau ganti Atap Rumah/Kantor anda dengan Baja Ringan Produk Kami (Mankar Truss) hanya dengan budget yang ringan.
Kami juga menyediakan genteng metal dengan pilihan warna yang menarik bagi hunian anda, harga mulai dari Rp 22.500/lembar (untuk genteng metal berpasir).
Kami memberikan special price untuk pembelian dan pemasangan produk secara paket (rangka atap baja ringan + genteng metal + plafon gypsum).
Wilayah pemasangan di YOGYAKARTA, SLEMAN, BANTUL, WONOSARI, KULON PROGO, KUTOARJO, WATES, SOLO, KLATEN, SRAGEN, KEBUMEN, PURBALINGGA, BOYOLALI, SALATIGA,MAGELANG, SEMARANG, UNGARAN, TEMANGGUNG, BATANG, DEMAK, KARANGANYAR, KENDAL, KUDUS, PURWOREJO, SUKOHARJO, WONOGIRI, WONOSOBO, KARAWANG, BEKASI, JAKARTA BARAT, TANGERANG, DAN SEKITARNYA
Hubungi bagian marketing kami di 085385533751, 085730746921 dan 087838858415
Kantor Pemasaran dan aplikator Cabang Yogyakarta: Jln Wonosari Km 7, Wiyoro Lor RT 02 (perempatan wiyoro), Banguntapan, Bantul, DIY.
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar