Penyebab Bel Rumah Rusak dan Cara Memperbaikinya

    Banyak faktor yang membuat bel di rumah menjadi rusak. Misalnya jika belnya berhenti berdengung atau terus-menerus berbunyi. Salah satu penyebabnya mungkin karena tombolnya tersangkut dan dalam posisi terhubung dengan kabelnya. Jika itu dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka elektromagnetnya akan terbakar sehingga jadi tidak berfungsi.
    Untuk memperbaikinya pun cukup mudah. Pertama yaitu pastikan kabelnya terhubung pada terminal di unit bel. Jika perlu, bersihkan sambungan dengan amplas halus atau pembersih sambungan listrik. Carilah kabel yang putus. Jika sudah menemukannya, kupas pembungkusnya dari ujung kabelnya dan sambungkan dengan kabel yang sesuai.
    Ketika menekan tombol bel namun tidak mendengar suara bel, dengungan, atau bahkan bunyi klik, itu artinya bahwa arus listriknya tidak terhubung dengan sistemnya. Solusinya yaitu matikan terlebih dahulu aliran listrik yang ke sirkuitnya sebelum memeriksa trafo. Pastikan semua kabel terhubung dan aman untuk trafo, kabel, dan tombolnya.
    Setelah itu lepas dan periksa tombolnya. Karena tombol adalah bagian utama yang bergerak pada sistemnya, maka besar kemungkinan cenderung menjadi komponen yang paling mungkin untuk rusak. Untuk memeriksanya, lepaskan sekrup yang menempel pada tombol dan dengan perlahan tarik tombolnya keluar.
    Pastikan kedua kabel terhubung dengan aman ke terminal sekrupnya. Kemudian tempelkan obeng pada kedua terminalnya. Jika belnya berbunyi, maka ini sangat mudah dan perbaikannya pun murah. Caranya yaitu lepaskan kabelnya, dan bersihkan karat pada area tombol dan ujung kabelnya dengan amplas halus atau pembersih sambungan listrik.
    Kemudian sambungkan kembali kabelnya. Jika tombolnya masih tidak berfungsi, cabut, dan ganti saja tombolnya. Tes tombol ini akan bekerja jika rangkaian listriknya berfungsi. Jika tombolnya ruang dan ada masalah tambahan, maka tidak akan bekerja.
    Jika tes tombol sederhana gagal membunyikan belnya, maka dapat memastikan kerusakan tombolnya dengan melakukan tes lanjutan menggunakan ohmmeter. Tahan salah satu alat pengukur meteran pada setiap sambungan pada tombolnya, dan kemudian tekan dan lepaskan tombolnya. Jarum meterannya harus bergerak ke atas ketika tombolnya ditekan dan turun ketika dilepaskan. JIka tidak maka tombolnya harus diganti. Selamat mencoba.
 
 
MANKAR TRUSS
Adalah pusat produk baja ringan anti karat yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan.
MANKAR TRUSS nyaris tidak mempunyai nilai susut atau muai.
Kami memberikan jaminan garansi selama 10 tahun.
Spesialis dan Pusat Kebutuhan Material Atap Rumah Anda
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk-produk kami dapat menghubungi kami di nomor telepon berikut:
085385533751
atau
datang langsung ke alamat toko kami di
Mankar Truss and Roof
Jalan Wonosari KM 7 Wiyoro Lor Baturetno
Banguntapan, Bantul, D.I. Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar